Saturday 6 January 2018

Yon, DS, dan Daftar Favorit Lagu Koes Bersaudara/Koes Plus yang Didaurulang

Kabar duka bagi pencinta musik Indonesia. 
Yon Koeswoyo, anggota band legendaris Koes Bersaudara/Koes Plus,  baru saja meninggalkan kita semua.  Dan dunia music pun berduka.  Sehari sebelumnya, tiga tahun  lalu, Denny Sakrie, salah satu pengamat musik  dan budaya pop kebanggaan saya, juga wafat.
sumber: https://dennysakrie63.wordpress.com/2010/09/27/yon-koeswoyohari-ini-70-tahun/
Saya jadi teringat, sesaat sebelum saya berangkat ke Inggris, akhir 2012, Bung DS menelpon saya, seperti biasa. Waktu itu bercerita kalau dirinya sedang menulis biografi Koes Plus.  Dan dia meminta saya untuk menjadi penyuntingnya. Tentu saja ini sebuah kehormatan besar. Tapi waktu itu saya tanya lagi, apa tidak salah, mengingat saya akan terbang ke Inggris untuk waktu yang cukup lama dan potensial untuk menghambat komunikasi penyuntingan naskah. Om DS Cuma bilang: “gampanglah, ini kan jaman teknologi sudah maju”. Sayang sekali, tak lama kemudian om DS wafat. Dan kini, anggota Koes Plus terakhir itu juga wafat.

Di Wikipedia, masih tertulis kalau Om DS berencana membuat Biografi Koes Plus yang akan diterbitkan oleh Akoer.
Semoga ada yang meneruskan cita-cita mulia Om DS ini.

Alfatihah untuk keduanya.

Untuk menghormati keduanya, berikut saya buat daftar favorit lagu Koes Plus/Koes Bersaudara yang didaurulang:




1.  Erwin Gutawa feat Andy /Rif: Manis & Sayang
Mungkin terlalu mainstream. Tapi saya tak bisa melupakan malam itu, saat meliput Erwin Gutawa Salute to Koes Bersaudara.




2.               Glenn Fredly ft. Indra Lesmana - Jemu

funky, and sound keyboardnya vintage abis!


3. Netral – Pelangi

Netral format album pertama mainin lagu Koes Plus. Sepertinya tak perlu penjelasan lagi :) 



4. Gugun Blues Shelter – Jemu

blues abis

5. Jamaican Café - Diana/Mari-mari/Cubit-cubitan

versi Acapella jangan dilupakan


6.               Indra Lesmana ft. Eva Celia - Bujangan 
Indra LEsmana lagi ah.     Kali ini keyboardnya “jadi gitar”. Dan jadi ingat Peter Frampton waktu live “Do You Feel What We Do?


7.  Junior - Bujangan
Kala itu, para junior-nya Koes Plus ini mempopulerkan kembali lagu "Bujangan", "Buat Apa Susah" dll ke generasi kiwari kala itu.


8. ERWIN GUTAWA ft. RUTH SAHANAYA - Andaikan Kau Datang
Saya tutup dengan lagu manis dengan suara emas Ruth Sahanaya.

Punya lagu favorit Koes Plus hasil daurulang band lain? Silahkan berbagi di kolom komentar.

No comments:

Post a Comment